Kamis, 15 April 2010

Lembah Harau

Lembah Harau terletak di Kab. Lima Puluh Kota  Provinsi Sumatera Barat. dari Padang i(bukota provinsi  Sumbar), kita akan menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 120 KM. dalam perjalanan kita akan melewati Air terjun Lembah Anai, Kota Padang Panjang yang indah, gunung merapi, gunung singgalang dan gunung tandikek yang berjejer menunjukkan keangkuhannya, dan juga kita akan melewati kota bukit tinggi yang menawan. lembah harau terletak di kecamatan harau.


pesona keindahan lembah harau akan mulai terasa ketika memasuki gerbang pertama. di kedua sisi jalan kita akan dimanja dengan sawah nan luas dan dihadapan kita terlihat tebing tegak yang luas seakan-akan siap menanti kita untuk sedikit meminum teh sambil menikmati keindahan harau. dari sini kita akan dimanja dalam setiap detik perjalan kita dengan lekukan tebing yang mencapai kurang lebih 300 meter.

disamping tebing yang indah kita juga dapat menikmati air terjun. di harau terdapat 7 air terjun yang siap untuk kita nikmati. disini biasanya aktivitas para pengunjung tertumpuk. di lembah harau kita akan menemukan sosok penghuni dusun yang ramah. dan dari mereka kita dapat sedikit cerita lembah harau terbentuk. menurut legenda yang berkembang di masyarakat sekitar, pada zaman dahulu kala di atas tebing terdapat suatu kerajaan sementara di bawah tebing merupakan laut. pada suatu hari putri raja melompat ke laut sehingga tenggelam. karena keinginan untuk menemukan putrinya, raja memerintahkan rakyatnya untuk mengeringkan laut itu sehingga terbentuklah harau yang indah yang dikelilingi tebing dan ditumbuhi pepadian yang subur menguning indah.
bagi para pemanjat, lembah harau merupakan surga yang tak terkira karena di lembah harau terdapat banyak tebing yang siap untuk ditaklukkan. di tebing ini juga terdapat beraneka jalur pemanjatan dari grade paling bawah sampai grade paling tinggi. bagi anda seorang pemula, lembah harau bisa dijadikan kawah candradimuka untuk melatih kemampuan anda.

untuk masalah penginapan, di harau sendiri terdapat beberapa penginapan yang baik. baik itu investor secara besar-besaran ataupun rumah penduduk yang disewakan. bagi para pecinta camping, kalangan seperti ini diperbolehkan untuk camping dengan tarif per tenda per malam dengan biaya yang murah. ada yang menarik di tempat penginapan di harau, khususnya para climbers. biasanya mereka menginap di salah satu rumah warga (kak Atik) yang disewa dan dinamakan pesanggarhan para pemanjat. jika anda membuka buku tamu ini, anda akan menemukan nama-nama pemanjat dari berbagai daerah dan biasanya diselipkan alasan pemanjatan mereka ke harau. dari sini, seringkali kita mengetahui asal-usul nama jalur pemanjatan. suatu metoda yang indah untuk saling mengenal..lestari!!!

3 komentar:

  1. wow..
    eksotik..
    original..
    surga dunia.. ;)

    BalasHapus
  2. Kunjungan pertamo, bang.

    nice posting..

    BalasHapus
  3. http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/pria-ini-yang-diinginkan-wanita-dari.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/awas-tak-semua-air-minum-kemasan.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/gara-gara-tenggak-kopi-curian-monyet.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/main-hakim-sendiri-berujung-pidana.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus